Detail Article

Inspirasi itu bernama Presiden Jokowi

Inspirasi itu bernama Presiden Jokowi

14
Nov

Inspirasi itu bernama Presiden Jokowi

Halo Agan semua


Sejak diumumkannya Pak Joko Widodo dan KH. Ma'ruf Amin menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2019-2024, banyak sorotan inspirasi dari dunia. Betapa tidak, Pak Joko Widodo atau biasa disebut dengan Jokowi ini menjadi pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) dua kali berturut-turut dengan background bukan dari Militer. Indonesia memiliki sejarah ke-Presiden-an dengan background Militer yang kuat. Betapa tidak, sejak pertama Presiden Soekarno-Hatta ditunjuk untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden, itu berada dalam keadaan yang sarat dengan bau militer. Entah itu karena perjuangan pasukan PETA (cikal bakal TNI) atau karena situasi genting Perang Dunia ke Dua.

Ada pula beberapa orang yang ditunjuk menjadi kepala pemerintahan setingkat Presiden yang ditunjuk karena darurat militer di Indonesia antara tahun 1945-1950. Setelahnya, yang sangat dikenal, Presiden Soeharto, sangat kental dengan Militer karena berasal dari Militer. Pun dengan permasalahan Indonesia ketika itu dan strategi militer, Presiden Soeharto menjadi Presiden Indonesia dengan usia pemerintahan yang lama, 32 tahun. Masa itu disebut dengan Orde Baru untuk menunjuk masa-masa baru pemulihan setelah masa Presiden Soekarno.


Presiden Soeharto digantikan oleh wakilnya, Pak BJ. Habibie dari kalangan teknokrat karena faktor darurat sipil kala itu. 1998. Mulainya masa REFORMASI. Pak BJ Habibie adalah seorang peneliti, dan seorang dengan visi dan background pendidikan tinggi yang mumpuni. Beliau banyak didekati oleh banyak orang karena kecerdasannya. Bahkan secara politik, beliau lebih tenang bila disebut sebagai bagian dari golongan orang yang berkarya (Golkar). Meskipun begitu, secara profil keagamaan, BJ Habibie lebih lekat dengan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Lepas pemerintahan singkat Pak BJ Habibie, terpilih Presiden KH. Abdurrahman Wahid atau disapa masyarakat dengan Gus Dur karena beliau dihormati sebagai guru dan ulama. Beliau kepala pemerintahan yang dipilih bukan karena background militer, apalagi karena dorongan militer. Beliau terpilih bukan karena menang hasil Pemilihan Presiden. Beliau terpilih karena permusyawaratan para wakil rakyat di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Secara profil, selain seorang ulama kharismatik, beliau juga dikenal sebagai politikus PKB.


Namun tidak lama berselang wakilnya ibu Megawati Soekarnoputri menjadi Presiden menggantikan Gus Dur. Menyelesaikan masa pemerintahanya Presiden Megawati ditemani oleh Pak Hamzah Haz, politikus PPP yang sebenarnya seorang ulama. Dikenal lekat dengan politik.


Masa-masa Reformasi ini, kebeberasan informasi mulai terbuka dan semakin mudah diterima. Bahkan untuk sebuah permasalahan yang bisa diselesaikan dengan tenang, menjadi menarik dalam perbincangan masyarakat. Pemilihan Presiden tahun 2004 menghasilkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang berasal dari Militer. Seperti ada nostalgia rakyat Indonesia untuk berharap mendapatkan pemimpin dari kalangan Militer. Bukan tanpa sebab, kala itu menurut opini, seakan-akan pemimpin yang bukan dari kalangan Militer tidak akan bisa menyelesaikan masalah Indonesia.


Pertumbuhan dan perkembangan Indonesia meski tetap banyak masalah, tapi terlihat mulai membaik. Periode pemerintahan Pak SBY berjalan 2 periode berturut-turut dengan beragam perbincangan masalah karena semakin mudahnya arus informasi dalam dunia maya. Sudah ada ketetapan Undang-undang Dasar 1945 bahwa periode memerintah seorang Presiden dibatasi paling lama 2 periode berturut-turut. Jadi bila sudah terpililh 2 kali secara berurutan, maka sudah tidak ada lagi kesempatan untuk yang ke tiga mencalonkan diri menjadi Presiden.


Pak Jokowi kini menjadi Presiden yang dua periode berturut-turut setelah Pak SBY.  Pak Jokowi seorang walikota yang didorong untuk terus berkarir dalam pemerintahan karena kepopulerannya. Ingat masa sekarang adalah masa dimana dunia maya memudahkan arus informasi. Kepopuleran menjadi utama karena hampir seluruh rakyat Indonesia memiliki akses pada dunia maya. Bukan hal biasa karena kepopuleran Pak Jokowi bukan berdasarkan dorongan Militer atau Politik tapi karena aspirasi rakyat kecil. Secara sosial, Pak Jokowi dipilih karena kedekatan rasa rakyat Indonesia.


Nah, kurang Inspirasi apa coba sekarang. Dunia maya mengantarkan para milenial untuk memilih Presiden sesuai harapan atau aspirasi mereka. Dunia maya sekarang semakin mudah dan semakin banyak diakses rakyat Indonesia. Perekonomian semakin baik. Kepemilikan HP semakin banyak. Palapa Ring versi terbaru sudah meluncur di langit Indonesia memberikan kesempatan lebih banyak untuk kamu dapat mengetahui keadaan dunia melalui internet atau dunia maya.


Yuk, tambah pengetahuan kamu Dan jadilah Inspirasi Zaman Now !



Mau dapatkan penawaran menarik kekinian ini ?

WA 0812-9327-3757

untuk Anda yang perlu materi inspirasi ini dengan budget yang minim. Semua, kami bantu. Apa sih yang tidak buat penerus inspirasi zaman now !


Inspirasi Zaman Now !
IM

Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Nama Lengkap *

Email *

Komentar Anda *

Kode Verifikasi *